Rabu, 20 November 2019, bertepatan dengan Hari Anak Sedunia, Kelurahan Pakelan Kota Kediri mengadakan acara Launching Kampung Ramah Anak dengan tema ‘Kampung Seni’ yang bertempat di JL.Trunojoyo pada pukul 16.00 WIB dan diresmikan langsung oleh Kepala Dinas DP3AP2KB Kota Kediri Bapak Sumedi SKM. MM. Acara ini juga dihadiri oleh Camat Kecamatan Kota Bapak Drs. Heri Purnomo, Lurah Pakelan Bapak Subadi Waluyo S.sos, Ketua LPMK Bapak Ir. Hadi Wiyono, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Para Tamu undangan lainnya.

Kampung Seni Kelurahan Pakelan Kota Kediri ini merupakan program unggulan dari DP3AP2KB yaitu Kampung Ramah Anak yang bekerja sama dengan Satgas PPA Kelurahan Pakelan Kota Kediri sebagai wujud kepedulian terhadap anak-anak di lingkungan Kelurahan Pakelan.

Di lingkungan Kelurahan Pakelan Kota Kediri, anak-anak setelah pulang sekolah disediakan berbagai opsi kegiatan untuk pengembangan minat dan bakat mereka terutama di bidang seni diantaranya:
1. Pelatihan Kesenian Jaranan di Balai Kelurahan Pakelan
2. Pelatihan Kesenian Barongsai oleh Yayasan Tri Dharma
3. Pelatihan Seni Bela Diri Karate Inkai oleh Mama Yovita
4. Pelatihan Seni Tari Onde-Onde dan Tari Modern (Dance)
5. Pelatihan Pelatihan Seni Tilawatil Quran dan Qosidah Sholawat di TPA oleh Bapak Sutrisno
6. Pelatihan Seni Paduan Suara oleh GKI
7. Pelatihan Seni Baca Sastra Pidato oleh Bunda Rinawati

Semoga dengan resmi dijadikannya Kelurahan Pakelan Kota Kediri sebagai ‘Kampung Seni’, kedepan akan muncul seniman-seniman hebat dari Kelurahan Pakelan