Pusat oleh-oleh Kota Kediri di JL. Yos Sudarso
Kelurahan PAKELAN Terbagi dalam 15 RT dan 3 RW,Sebagian besar Wilayah Kelurahan Pakelan terdiri dari Perkantoran dan Pertokoan. Letak Geografis Kelurahan Pakelan sebagian kecil berada di bantaran Sungai Brantas dan salah satu potensi yang sudah dikenal banyak orang yaitu produk Tahu Takwa. Di Kelurahan Pakelan sendiri banyak sekali produsen Tahu yang sudah terkenal Misalnya Mbah Kacung yang terletak di Jl. Trunojoyo dan Tahu Lym yang terletak di Jalan Yos Sudarso selain kedua produsen tersebut masih banyak Produsen tahu yang berada di wilayah Kelurahan Pakelan, antara lain Tahu LKK, Tahu Poo, Tahu LTT dll.

Selain terkenal dengan produksi tahu, Kelurahan Pakelan juga terkenal dengan wilayah pertokoannya, karena Kelurahan Pakelan terletak di tengah Kota yang di lewati JL Dhoho yang juga merupakan salah satu icon dari perekonomian Kota Kediri.

Untuk Potensi Sumber Daya Alam Kelurahan Pakelan sangat minim, meskipun terletak di bantaran sungai Brantas Pemanfaatan dari sumberdaya alam itu sendiri sangat minim. Dikarenakan sebagian besar perekonomian di Wilayah Kelurahan Pakelan berasal dari Pertokoan dan Perdagangan.


Klenteng Tjoe Hwie Kiong

Selain itu di Kelurahan Pakelan juga berdiri sebuah bangunan cagar budaya dan tempat ibadah bagi pemeluk Tri Dharma yang masih cukup megah yang bernama Klenteng Tjoe Hwie Kiong. Klenteng ini terletak di Jalan Yos Sudarso No. 148 RT.15 RW.03 Kelurahan Pakelan, Kecamatan Kota, Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur. Lokasi klenteng ini berada di tepi Sungai Brantas, persis di tikungan Jalan Yos Sudarso. Pada saat perayaan tahun baru Imlek, klentheng ini juga sangat ramai didatangi oleh warga sekitar dari berbagai macam kalangan. Mereka datang untuk sekedar melihat keindahan lampion yang terpasang disetiap sudut, pertunjukan barongsai dan kembang api.